DIY kuras radiator Nissan Livina

Td pagi gw disuruh bawa mobil nyokap ke bengkel utk kuras radiator.. Tp daripada jauh² dan buang² waktu ke bengkel, mending kerjain sendiri aja deh.. Kuras radiator ngga susah kok.. 🙂

Jadi gw kluarin mobil dari garasi (sambil didorong biar mesin ga panas) dan gw udh siap dgn peralatan tempur..  Mulailah gw mencari katup buangan air radiator di bagian bawah. Sambil lirak-lirik, nungging², jongkok², raba sana-sini tapi ko tetep ga nemu juga tu kran buangan airnya. Mau ngintip dari kolong juga ga kliatan karena ada splash guard nya. Jd pilihannya adalah buka selang dari atas dgn cara copot braket fan dulu ato dari bawah copot splash guard nya. Dan gw memutuskan utk ngolong & nyopot splash guard nya..

Saat gw ngolong mau nyopot splash guard, gw berhadapan dgn 4 buah baut №.10 dan 4 kancing jepret. Nyopotnya gampang aja ko, yg bikin susah cuma karena jarak kolong mobil ke lantai yg cukup sempit. Setelah guard nya copot, baru gw bisa liat radiator dgn jelas dari bawah kolong.. dan emang bener ga ada katup model kran utk pembuangan air radiatornya. Jd gw harus buka selang karet bagian bawah yg di iket kuat dgn klem jepit. Pfffttt… *sambi ngelap keringet..*

Di sisi sblh kanan bawah ada 2 selang karet -satu besar satu kecil, dan di sblh kiri bawah ada satu selang kecil. Yg besar persis ky selang yg ada di sblh atas utk water intake ke engine block. Yang satu lagi selang kecil model kaya selang freon AC seperti yg terlihat di foto. Gw pikir selang yg kecil mungkin emang disediain utk nguras airnya, jd gw copot tu selang kecil yg di sebelah kiri.. Ehh.. Ternyata yg ngocor OLI, bukan air radiator! 😀  Langsung dengan paniknya gw pasang balik sebelum olinya brkurang banyak.. Hehehe.. #barutau sayah.. 😀

Selang radiator dibagian bawah kanan

So pilihan satu²nya adalah nguras air radiatornya lewat selang karet yg besar. Krn posisinya di bawah dan ruang gerak yg sempit, utk buka selang ini bener² butuh perjuangan ekstra keras. Klo ngga karena gengsi udah bilang akan ngerjain sendiri, gw pasti udh nyerah dan bawa mobil ini ke bengkel. Hehehe..:D
Setelah berhasil membuka selang karet besar baru deh tu air radiator yg lama ngocor smua sampe kosong.

Selang karet besar di bagian bawah

Langkah selanjutnya adalah nguras radiator supaya air kotor yg tertinggal di blok mesin bisa kebuang juga.  Jadi klo diurutin step²nya kira² seperti berikut:

  1. Buka kran pembuangan radiator ato selang karet besar yang di bawah utk membuang air radiotar yg lama.
  2. Tutup lg keran tsb, lalu isi radiator dgn air hingga penuh untuk menguras seluruh ruang pendinginan sampai ke dalam mesin (gw pake air ledeng tapi gw filter dgn kain supaya ga ada lumut ato kotoran yg ikut masuk). Toh hanya utk nguras aja, abis itu dibuang lagi kok airnya. Klo menguras pake coolant tentu lebih bagus, tapi ya tentu jadinya lebih mahal.
  3. Setelah itu nyalain mesin mobil dan biarkan mesin menyala sambil di gas sedikit selama 3-5 menit. Ini adalah proses menguras yg sebenarnya! 🙂
  4. Lalu matikan mesin, tunggu sebentar sampe mesin agak dingin, lalu buang lagi air yg baru diisi tadi, supaya seluruh air kotor dalam radiator dan blok mesin bener² terbuang sampe bersih.
  5. Klo udah abis semua air kurasan tsb, tutup keran pembuangan yg di bawah, lalu isi dgn Radiator Coolant yg baru hingga penuh. Radiator jgn ditutup dulu!
  6. Nyalakan mesin, tunggu dan pastikan tidak ada lagi gelembung udara yg kluar dari dalem radiator, karena klo ada gelembung udara yang terperangkap, pada kecepatan tinggi dan putaran air radiator yang kencang, gelembung tsb bisa mengikis blok mesin di bagian dalam sehingga lebih cepat terkikis dan berkarat!
  7. Klo udah abis gelembung udaranya, tutup radiatornya. Lalu isi tabung cadangan air sesuai batas yg tertera.
  8. Pasang kembali splash guard nya dan Selesai! ☺

Ngga susah ko, asal mau sedikit repot aja. Terutama utk livina yg kolongnya rendah banget, jd agak repot pas ngolong krn ruang geraknya sangat sempit! Klo mobil lain ga sesusah ini ko, apalagi klo udh ada katup pembuangannya. Jd lebih gampang kerjainnya. Well selamat mencoba.. 🙂

.: H.A.R :.

About Harun AR

My real life is just about to start.. :)
This entry was posted in BerbagiTahu. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

